-->

Review Asus ZenFone Max M2 ZB633KL Smartphone 2 Jutaan dengan Spesifikasi Gaming : Bungkus Gan!

Sumber Gambar /www.asus.com
Ditulis Oleh : 
mr.will a.k.a cupu 

Asus kali ini benar benar membuat gebrakan pada akhir tahun 2018 kemarin, dimana pada bulan desember 2018 merilis produk terbarunya yakni seri Asus Zenfone Max : Max M2 dan Max Pro M2. Kedua Smartphone ini merupakan suksesor dari pendahulunya yang telah dirilis di pasaran pada kuartal pertama tahun 2018. Lalu apa yang membedakan dengan versi terdahulu? Tentu saja terdapat peningkatan pada peforma, tampilan dan lebih fresh. 

Oke kali ini aku akan mereview khusus Asus Zenfone Max M2, alasannya karena Asus cukup membuat aku galau. Rencana awal budget sudah siap untuk membeli smarthphone kisaran rp 2 jutaan pada kelas pasar yang sama, lalu Zenfone Max M2 ini rilis. Apakah cukup worth it jika aku menjatuhkan pilihan ke Zenfone Max M2 ini? Maka dari itu mari kita bahas satu persatu yang menjadi pertimbanganku. 

Dengan Tag Line More Performance, More Battery, More Fun seakan Asus telah menjelaskan semua fitur di dalam smartphone ini hanya dengan 3 kata tersebut. 

Poin More performance 
Asus Zenfone Max M2 ini telah disematkan prosesor Qualcomm Snapdragon 632. Bagi kalian yang kurang mempertimbangkan tipe tipe prosesor yang disematkan pada smartphone incaranmu, aku akan bahas sedikit pada poin ini karena cukup penting. 
Qualcomm Snapdragon 632 sendiri merupakan prosesor keluaran terbaru yakni versi Upgrade dari Qualcomm Snapdragon 625 yang terkenal punya performa tinggi tetapi hemat daya dan tidak panas.
Pada Snapdragon 632 ini diklaim performa lebih cepat 40% dari generasi sebelumnya karena dibangun dengan Arm 14 nm, tetapi tetap hemat daya dan memberikan pengalaman yang lancar serta responsif tanpa mempengaruhi baterai. Chipset ini didukung dengan 2 varian RAM 3GB sampai 4GB. Oke pada poin ini aku mulai tertarik, karena bisa mendukung aktivitas multitasking di smartphone termasuk bermain game. 

Poin More Battery 
Daya Asus Zenfone Max M2 ini dibekali dengan baterai berkapasitas besar yakni 4000mAh berjenis li-polimer. Asus mengklaim dari kondisi baterai terisi penuh mampu bertahan sampai 33 hari dengan keadaan stanby di jaringan 4G, 8 jam bermain game serta 35 jam panggilan suara di jaringan 3G. 

Poin baterai ini cukup penting menjadi pertimbanganku dalam memilih smartphone karena dengan kapasitas yang besar serta hemat daya, aku tidak perlu khawatir kehabisan daya saat aktivitasku sedang sibuk sibuknya di luar ruangan. 

Sumber Gambar/www.asus.com
More Fun 
Asus Zenfone Max M2 memiliki ukuran layar 6,3 inchi dengan kualitas HD+ yaitu 1520x720. Memiliki ciri khas smartphone kekinian yang terdapat poni, Asus benar benar memanfaatkan space yang tersedia dengan rasio layar dan bodi hampir 88%. Ini berarti menonton Video streaming ataupun bermain game lebih puas. Mantul Gan ! 

Dengan ukuran layar yang besar, body Asus Zenfone Max M2 yang tipis dibalut dengan body metal sehingga membuatnya terlihat lebih stylish dan premium. Tersedia dalam 3 varian warna yakni Midnight Black, Space Blue dan Meteor Silver. Satu hal yang penting adalah bagaimana kualitas ketahanan layar terhadap goresan-goresan kecil? Kabarnya Asus telah menyematkan teknologi pelindung corning gorilla glass 6 pada layar Zenfone Max M2 ini. 

Posisi kamera Belakang Asus Zenfone Max M2 berada di pojok kanan atas dengan dual kamera, masing masing memiliki resolusi 13MP + 2MP dengan lensa bukaan f/1.8. Kamera ini didukung dengan fitur AI Scene Detection serta teknologi Electronic Image Stabilization (EIS) sehingga hasil gambar ataupun video stabil dan tidak blur. Lalu bagaimana kalau memotret dalam keadaan kurang cahaya? Asus menambahkan fitur flash yang menemani kamera utama. 

Untuk kamera depan yang dikhususkan untuk Selfie ataupun video call dilengkapi dengan kamera beresolusi 8MP dengan lensa bukaan f/2,0. Lensa ini fungsinya sebagai depth sensor untuk foto efek bokeh. Lampu LED flash dibagian depan disematkan pada Asus Zenfone Max M2 untuk mendukung dalam keadaan kurang cahaya.

Sumber Gambar/yahyakurniawan.net
Sektor Audio juga tak kalah penting untuk menjadi pertimbangan. Dalam menonton video, bermain games ataupun mendengarkan musik akan lebih sempurna jika didukung fitur audio yang berkualitas. Asus memperhatikan kebutuhan ini dengan menanamkan 5 magnet speaker dengan lapisan metal dan amplifier NXP dengan distorsi rendah sehingga menghasilkan kualitas suara yang jernih dan jelas. 

Sektor penyimpanan internal Asus Zenfone Max terdapat 2 varian yakni 32GB dan 64GB, jika dirasa kurang smartphone ini mampu mendukung kapasitas slot microSD hingga 2TB. Slot MicroSD pada Asus Zenfone Max 2 ini berada 1 slot dengan 2 SIM Card yang mendukung dual 4G LTE. Apa maksud dual 4G LTE, artinya dua duanya bisa aktif pada jaringan 4G LTE. 

Tidak kalah penting smartphone kekinan harus memiliki sensor sidik jari atau pengenalan wajah untuk mengaktifkan saat posisi terkunci. Asus Zenfone Max M2 sudah memiliki fitur itu semua dan diklaim mampu memproses hanya dalam 0,3 detik. Lehuga ! Sistem Operasinya Android apa? Ternyata Asus sudah memakai sistem operasi android terbaru yaitu Android Oreo.
Sumber Gambar/www.asus.com
Hmm… aku rasa itu beberapa fitur yang perlu aku review untuk mempertimbangkan apakah Asus Zenfone Max M2 ini worth it untuk dibungkus?
Jujur saja sebelum smartphone ini rilis aku telah memiliki pilihan lain. Tetapi dengan mempertimbangkan bahwa Asus Zenfone Max M2 mempunyai kapasitas baterai yang besar 4000mAh, layar lebar dengan rasio 19:9 beresolusi HD, Sistem Operasinya sudah pure Android Oreo 8.0 serta berbagai fitur canggihnya dan tidak lupa sangat ringan dalam memainkan game… Budget 2 jutaan sudah bisa mendapatkan smartphone yang spesifikasinya lebih baik dari segi gaming dan fitur yang ter-up-to-date.
Hanya satu kata untuk Asus Zenfone Max M2 : Bungkus Gan…!

Ini aku hadirkan spesifikasi lengkap yang dikutip dari Asus Indonesia dalam bentuk tabel.



Prosesor
CPU: Qualcomm® Snapdragon™ 632 Mobile Platform with 14nm, 
64-bit Octa-core Processor 
GPU: Qualcomm® Adreno™ 506 

Ram
LPDDR3 3GB / 4GB

Memori 
Internal 32GB / 64GB
MicroSD hingga 2TB
Free Google Drive 100GB selama 1 Tahun

Dimensi
Panjang 158mm
Lebar (6.22 inches) 76mm
Ketebalan (2.99 inches) 7.7mm
(0.30 inches) 
Berat: 160 grams 

Display
6.3-inch HD+ (1520 by 720) IPS display
88% screen-to-body ratio
Front 2.5D curved glass
Capacitive touch panel with 10 points multi-touch

Kamera Utama
13MP
F1.8 aperture
26mm equivalent focal length in 35mm film camera
Phase-detection autofocus
LED flash

AI Photography:
AI Scene Detection in 13 types: 
people, food, dog, cat, sunset, sky, green field, 
ocean, flower, plant, snow, stage, text

2MP
Depth sensing

Kamera Depan
8MP
F2.0 aperture
26mm equivalent focal length in 35mm film camera
Softlight LED Flash
Face recognition unlock

Rekaman Video
4K UHD (3840 by 2160) video recording for main rear camera
1080p FHD video recording at 30 fps
720p HD video recording at 30 fps
3-axis electronic image stabilization for rear camera
Take still photo while recording video

Audio
Speaker :
5-magnet speaker with NXP smart amplifier for louder, 
deeper and less distorted sound effect

Audio Output :
Audio CODEC integrated into PMIC 
NXP smart amplifier

Microphone :
Dual microphones with ASUS Noise Reduction Technology

FM Receiver :
FM radio

Wireless
WLAN 802.11 b/g/n; support Wi-Fi direct
Bluetooth 4.2

Sistem Navigasi
GPS, AGPS, GLONASS

Sim Card
Triple slots: Dual SIM & one microSD card
Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM card
Slot 3: Supports up to 2TB microSD card
Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. 
But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.

Jaringan
GSM, WCDMA, FDD-LTE, TDD-LTE

Data rate :
LTE Cat 5 UL 75Mbps / Cat 6 DL 300Mbps (A, B version)
DC-HSPA+: UL 5.76Mbps / DL 42Mbps

A version :
FDD-LTE (Bands 1, 2, 3, 5, 7, 8, 20)
TDD-LTE (Band 40)
WCDMA (Bands 1, 2, 5, 8)
EDGE/GPRS/GSM (850, 900, 1800, 1900MHz)
LTE Cat5 UL up to 75Mbps / Cat6 DL 300Mbps
Support CA_3C, CA_7C

Sensor
Rear fingerprint sensor 
(0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), 
Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, 
Ambient light sensor

Baterai
4000mAh with fast charging
Up to 33 days 4G standby
Up to 35 hours 3G talk time
Up to 22 hours Wi-Fi web browsing
Up to 21 hours video playback
Up to 8 hours Garena Free Fire

Daya
Output: 5V 2A 10W

OS
Stock Android™ Oreo™

Paket Pembelian
Micro-USB cable
Ejector pin (SIM tray needle)
USB power adapter (10W)
Documentation (user guide, warranty card)
Clear soft bumper 

#ZenFoneMaxM2_ID #NextGenerationGaming 

Cheers,
mr.will a.k.a cupu 
KurabaOtaku

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Review Asus ZenFone Max M2 ZB633KL Smartphone 2 Jutaan dengan Spesifikasi Gaming : Bungkus Gan!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel