-->

Tips Dasar FL Studio 12

Membuat Lagu di FL Studio

Hampir setiap orang dalam aktivitasnya sehari hari di waktu senggang memilih mendengarkan musik melalui gadgetnya baik secara offline maupun streaming di aplikasi yang mulai menjamur.

Sebagian lagi, gak puas hanya dengan mendengarkan saja. Ada yang ikut bersenandung mengikuti alunan musik favoritnya, bahkan ada yang ingin bersenandung dengan mengaransemen sendiri melalui alat musik di rumah misal piano, guitar dan lain lain.

Ada lagi golongan yang gak puas hanya bisa bersenandung dengan alat musik favoritnya, tapi ingin sedikit memodifikasi serta mengabadikan nya dalam sebuah kesatuan musik. Eh tapi susah gan, gimana caranya 1 orang bermain dengan berbagai alat instrumen musik..?



Gw emang gaptek, gw kira dulu kalau mau membuat musik lengkap di haruskan ke studio Recording dengan peralatan yang serba komplek, eh ternyata dengan modal sebuah Software dan perangkat PC ataupun Laptop kita bisa menggabungkan banyak instrumen dan vocal dalam satu kesatuan.

Yap, Gw baru tau ada Software Fruity Loops Studio atau lebih familiar dengan FL Studio dengan user interface yang mudah dipahami bagi pemula. Sebenarnya banyak software sejenis dan dikenal dengan DAW ( Digital Audio Workstation ), tapi gw baru mencoba FL Studio saja.

Nah barangkali ada juga nih yang pemula kek Gw, Gak ada salahnya saling sharing untuk belajar bersama.

Alat dan Bahan :

1.PC atau Laptop ( Harus yang memenuhi Spesifikasi Minimum FL Studio )

2.Software FL Studio ( Gw pake yang versi 12, menyesuaikan dengan Hardware gw )

3.Pengetahuan dasar tentang musik ( Nada, Tempo, Chord dll )


Berikut Dasar Dasar untuk memulai aransemen sebuah musik di FL Studio :

1. Menentukan Tempo Project yang kalian Inginkan


Tempo atau BPM itu penting untuk menentukan setiap ketukan beat, semakin besar nilai sebuah tempo maka ketukan juga semakin cepat. Pernah denger juga bahwa tempo dibagi bagi per golongan berdasarkan genre musik apa yang akan dibuat project. Kalo nge-slow ya biasanya main di tempo rendah, kalo pengen agak nge-beat main agak tinggi. Tapi kalo gw pribadi, selama cocok di kuping ya udah sikat.

2. Membuat Pattern / Pola Beat Drum


Mungkin setiap orang berbeda tahap awal dalam memulai projectnya, ada yang tentuin masukin vocal dulu baru gambar pola beat drumnya, ada juga yang memulai dengan tentuin pola beat drum seperti gw. Alasan Gw simple, untuk mengetahui nanti vocal pas tidak ketukannya sama vocal sampel buat project karena gw masih belum fasih sinkronisasi dengan metronome.

3. Masukin Vocal Sampel, Sesuaikan Bpm / Tempo dengan Project


Nah ini yang agak ribet, setelah load vocal sampel baik itu acapella atau hasil recording sendiri biasanya memiliki tempo yang tidak sama dengan project yang kita inginkan. Solusinya bisa dengan mendeteksi tempo vocal terlebih dahulu ada di kisaran berapa temponya, lalu proses selanjutnya kita fit to tempo dengan project kita. Gw biasa memakai 100 – 200, kalau gak cocok coba dengan nilai lainnya.

Untuk aransemen ulang musik orang, misal kita sudah punya sampel acapellanya kita bisa mengetahui berapa tempo atau bpm di situs2 populer di Google.

4. Buat Pattern Instumennya


Setelah vocal dan beat yang kita buat sudah sesuai temponya dengan project, langkah selanjutnya kita menggambar pattern instrumennya. Ada berbagai instrumen yang bisa dipakai, letaknya ada di channel rack. Kita susun chord serta melodi untuk setiap partnya dan pilih efek instrumen apa yang sesuai dengan project kita.Jangan lupa setiap ingin membuat pola baru, harus add pattern supaya tidak tertimpa nanti di playlist.

Oh ya lupa, untuk menyusun chord dll jangan lupa klik kanan sampel lalu pilih piano roll, nanti ada angka angka per bar. Bagi yang ingin mengaransemen ulang lagu orang lain atau remix istilahnya, banyak kok yang udah menyediakan paterrn / pola chord serta melodi yang bisa kita modifikasi sesuai selera masing masing.

5. Masukin Pattern / Pola ke Playlist


Setelah semua pattern selesai dan gak fals,kita masukin ke playlist dah. Sesuaikan dengan vocal dan beat, bisa kalian tambahkan efek lain untuk mempercantik project kalian. Pada Tahap ini kita harus jeli menyamakan setiap pattern dengan tempo vocal dan beat supaya klop, tidak lari-larian antara instrumen satu dan lainnya. Setelah semua di rasa pas, kita masuk proses mixing dan mastering.

Untuk tips mixing dan mastering, Gw masih amatir jadi belum bisa kasih informasi...Hhaa...

Nah mungkin itu dasar dasarnya dalam membuat sebuah aransemen musik menjadi 1 kesatuan, Hasilnya bisa buat kita dengar sendiri ataupun dibagikan ke teman dan sosial media.

Ingat pesen Gw :

Kalau ingin mengaransemen / Remix lagu orang lain, kita ijin dulu. Kalaupun ijin tidak memungkinkan, wajib kasih credit ke Lagu Originalnya di deskripsi jika kita Share ke Sosial Media. Lebih mantap lagi jika bisa membuat lagu sendiri... Hhaa... tapi itu semua butuh proses belajar bukan...

Sekian...

Lebih dan kurangnya mohon maaf yak...

Oh ya, ini hasil project belajaran gw...

https://youtu.be/jtmdDVcbbKQ

Kritik dan saran diterima.


Kuraba Otaku.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Dasar FL Studio 12"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel